Apr 15, 2015

SKINCARE REVIEW : ERHA CLINIC / ERHA 21 PART IV

SKINCARE REVIEW : ERHA CLINIC / ERHA 21 PART IV


Hello readers, Teman - teman seperjuangan dalam membasmi jerawat. Bener - bener desperado banget berurusan sama jerawat ini, udah gak tau harus gimana lagi tapi ini bener - bener bikin frustasi. Aku udah coba berbagai Merk Sabun pencuci wajah, Obat jerawat yang dijual bebas dipasaran sampai yang seharusnya pakai resep dokter (Nanti aku review satu - satu dipostingan lain), Cream ini itu tapi tetep jerawat dateng dan pergi, sampai akhirnya menyerah dan coba dateng ke ERHA siapa tau bisa bantu atasin masalah ini. dan untuk pertama kalinya dateng ke erha tahun 2012 - 12 - 12, sampai sekarang tapi dengan perawatan yang tidak rutin, kalau dirasa sembuh berhenti, kalau dirasa mulai bandel lagi jerawatnya dateng lagi perawatan disana *Mohon tidak ditiru*.

Dan sekarang sudah ke 3 kalinya aku bolak - balik ke erha dengan dokter Dian. Sebenernya aku pasien beliau di salah satu klinik tempat beliau praktek karena jarak Erha Cimanuk dengan rumah jauh sekali :(. Oke langsung aja, sekarang adalah kali ke-3 aku kembali perawatan dierha dimulai dari tanggal 7 januari 2015, dan sekarang sudah 3 bulan berjalan aku perawatan disana. Kalau ada yang tanya "gimana setelah berobat disana, mendingan?" aku jawab "Alhamdulillah mendingan tapi masih belum memuaskan hasilnya, masih jauh dari harapan". nanya lagi "Kenapa?" aku jawab "Karena masih belum clear dari masalah jerawat yang kadang datang dan pergi, tapi sekalinya dateng bawa temen - temennya". *males*

Sebenernya sih aku mau posting informasi tetang perkembangan perawatan disana, karena sekarang udah 3x kontrol sama dokternya. Kebetulan kemarin baru kontrol dan daya ingat masih fresh jadi langsung aku tulis di blog aja.

Kondisi Wajah : 
Foto 1 : Bisa dilihat skintonenya itu kemerahan (kanan) itu skintone asli kalau foto kiri kena efek cahaya matahari, ini bisa dibilang mending karena efek kamera padahal aslinya lebih merah, kusam, dan seperti ketarik / terlalu kenceng, jerawat burntusan masih ada di pipi kiri dan kanan, bekas jerawat merah. Ini asli gak bisa buka mulut lebar, ketawa, atau senyum lepas karena kulit kenceng banget..



Foto 2 : Ini foto saat pemakaian AL 1 dengan perasaan ngenes *bisa dilihat banyak dan tebal* hahaha kalau malam kebetulan pake AF 2 di pipi dan dagu dan cc10 di hidung dan dahi, tiap pake AF 2 sih kulit mendingan gak kemerahan karena kata dokter sih memang kulit aku mudah merah makanya di malem beliau kasih AF 2 ini sebagai cream malam dan AL 1 sebagai totol di bruntusannya. 
Foto 3 : Skintone memang gak selalu kemerahan parah (liat foto 1), tapi memang kemerahan, dan sebenernya kulit aku memang agak pink jadi kalau sedikit kepanasan suka merah tapi ini gak kepanasan juga merah. Kondisi masih sama seperti kondisi di Foto 1



Foto 4 : Skintone udah angin - anginan aja, dan menyebalkan karena setiap ngaca pasti berubah - ubah warna jadi berasa bunglon :( bisa dilihat tumbuh 2 jerawat besar di pipi kanan dan bekas scar jerawat di pipi kiri karena keusap sama kapas jadinya berdarah dan bekasnya coklat *cry* dan masih oily sekali di hidung dekat mulut dan dagu.

Dan ini adalah foto yang diambil hari ini :

Foto 5 : Ini kondisi muka hari ini, fresh aku ambil dimenit waktu ada niatan bikin tulisan ini.. kekeke udah beberapa hari kulit gak terlalu merah mungkin bantuan dari AVENE THERMAL WATER yang aku gunakan sebelum pemakaian cream pagi 1 dan pagi 2 atau sehabis cuci muka. Masih bingung sih ngaruh apa ngga cuma ya dipake pada saat itu dan kondisi kulit aku ini dua jerawat di pipi yang merah dan besar udah agak kering, tapi sebelnya tumbuh di sudut bibir kanan, dan bruntusan ada yang ilang ada juga yang masih bertahan jadi aku anggap belum telalu membaik tapi sudah cukup membaik deh. Entah kenapa selalu ada aja jerawt daerah situ nyebelin banget. Adikku bilang sih katanya kalau badan kita gak kuat makan - makanan pedes bakalan tumbuh jerawat, apa dia bener ya? karena akhir - akhir ini aku banyak makan pedes. Entahlah. *kulitku tidak secerah itu ya kusam hanya saja aku ambil foto dikantor yang memang ruangannya super cerah karena diruanganku dipasang 6 lampu neon -_-*

Kurang lebih itu kondisi kulitku sekarang, dan masih belum clear dari jerawat malah pengen facial lagi tapi sedikit galau soalnya facial pertama beauticiannya kurang bersih keluarin komedonya alhasil masih tetep aja bruntusan dimana - mana, jadi untuk facial aku minta ke dokter untuk facial di Erha Cimanuk saja bukan di klinik tempat beliau praktek.

Kemarin dengan buru - buru sempet aku nanya - nanya sedikit tentang pertanyaan yang terlintas, Soal serum vitamin C, Peeling, Efek overheat ke skintone, Efek udara ke skintone, Efek pemakaian Cream, Efek pemakaian sabun, dll. Pokoknya nanya deh yang aku pengen tau sekalipun masih banyak yang lupa ditanyain.

Kemarin obatku diganti, asalnya pagi 1 aku pakai AMG 2 sekarang diganti AMG 1. Waktu aku tanya kenapa harus diganti jadi AMG 1 lagi? dokter bilang biar bantu keluarin isi dari jerawat yang sekarang lagi tumbuh (mungkin mematangkan jerawat sehingga bisa kering). Untuk cream lainnya masih sama 

Pagi : F/W Immortal SWA + AMG 1 + ASG
Malam : F/W Immortal SWA + AF 2 + AL 1 + AG 1
Obat Minum : isotretinoin selang satu hari satu, tapi berhubung waktu kontrol aku ada beberapa jerawat baru dan kondisi sedang "dapet" jadi dokter bilang diminum tiap hari selama 'dapet' saja kalau sudah ngga diselang seling lagi.

Dan bahasan soal pertanyaan saya :

1. Dok, kalau saya boleh coba Peeling gak ? Belum boleh, karena sekarang lagi ada jerawat aktif (jerawat yang besar merah) harus hilang dulu baru bisa dipeeling, karena dia mengikis bagian atas kalau sekarang di peeling nanti jerawatnya radang.

2. Dok, Kalau pakai serum Vitamin C itu boleh gak sih ? Belum boleh, karena malah memicu jerawat tumbuh, yang boleh memakai serum Vitamin C itu hanya kulit yang sehat yang tidak ada masalah dan yang tidak terlalu berminyak karena kalau kulit sehat dan berminyak tidak disarankan memakai serum vitamin C. Lebih baik minum Vitamin C yang diminum saja lebih aman dan bagus untuk tubuh serta kulit.

3. Dok, Kenapa skintone saya angin - anginan, kadang normal, kadang kemerahan, kadang kusam, kadang ngerasa iteman ? dokter nanya, sering panas - panasan? aku jawab ngga, dan aku bilang kalau kena panas paling bentar pas diperjalanan aja dan itupun gak bersentuhan langsung sama cahaya matahari cuma kadang gerah aja kan kadang cuaca panas. dokter bilang itu juga salah satu penyebab gerah atau overheat bisa menyebabkan kemerahan, itu normal. Tapi kulitku ko kayak gak normal sih 

4. Aku : Dok, kalau cuci muka kadang juga udahnya suka kemerahan?
    Dokter : kamu pake ASCBP gak? yang scrub
    Aku : Nggak ko, kan udah ganti Erha 2 sama immortal swa
    Dokter : Kalau merah jangan pake ASCBP 
    gak dibahas lagi

5. Dok kalau AF 2 itu bisa dipake siang gak? sebagai sunblock karena waktu awal - awal saya pake   AF 2 kan kata dokter saya sensitif jadi mencegah kemerahan saya dikasih AF 2 untuk pagi 2 nya? Kan sudah dikasih ke malam AF 2-nya itu juga untuk mencegah kemerahannya, tapi kalaupun sekali - sekali ingin digunakan siang sebagai sunblock juga tidak apa - apa, tapi sejauh ini saya selalu kasih kamu ASG dan itu tidak apa - apa jadi AF 2 nya dipakai malam saja. 

Dok kalau saya pagi siang pake AF 2, dan malam pake AF 2 emang boleh? tidak apa - apa? Oh tidak boleh harus digunakan kalau siang ya siang kalau malam ya malam tidak bisa dipakai seperti itu.
*asli gak ngerti dan gak tuntas bahas ini*

Dok, sekali nanya lagi kayaknya bakalan ditabok hahaha *just kidding*

Aku diem dan mikir tapi bingung apa yang mau ditanya lagi, sampe dokter nanya mau nanya apalagi ayo? aku bilang udah cukup dok, makasih karena otaknya udah gak bisa nyerna -_-

Update hari ini didagu tumbuh 1 jerawat yang merah dan calon - calon jerawat merah dengan ukuran M ~ L, dan dipipi sebelah kiri tumbuh satu jerawat serupa tapi masih size S, menyebalkan. Semoga kalian cepet pergi dan gak balik lagi, jerawat.

Oh ya dokter bilang mukaku sudah mendingan dari pada awal, tapi ko aku ngerasa masih belum *tiap hari ngaca mulu* malah jerawat datang dan pergi... dan aku dapat info dari temen di salah satu forum, kalau AMG 1 itu mengandung AZELAIC ACID yang fungsinya untuk menghilangkan bekas merah karena jerawat.

UPDATE :
Aku sudah tidak lagi berobat ataupun perawatan di Erha Clinic ya, Karena aku ngerasa hasilnya gitu - gitu aja, dan kulitku mulai jenuh sama krimnya. Maksud mulai jenuh disini adalah sudah kebal dan kurang mempan lagi. Selain itu lama kelamaan kulit wajahku menjadi agak kemerahan skintonenya *Sedih*. Kemerahan disini mungkin karena kulitku jadi over sensitif sama obat jerawat. Jadi sekarang aku berhenti dan beralih ke perawatan yang biasa aja tidak ke skincare atau dokter kulit manapun, kecuali AL 2 dari Erha aku masih pakai kalau ada jerawat yang merandang, lainnya aku berhenti total dari bulan April 2016. Buat yang masih berjuang di Erha Good Luck ya ᵔᴥᵔ

Bye - Bye >.<

17 comments:

  1. wkwkkk.. sama Vin.. w jg merah,dan kl pagi pk cream muka berasa kusam bgt.. g bs ketawa,psti lngsng merah muka.. dan proses mmng agak lama,kebanyakan sonsul nya

    ReplyDelete
  2. wkwkkk.. sama Vin.. w jg merah,dan kl pagi pk cream muka berasa kusam bgt.. g bs ketawa,psti lngsng merah muka.. dan proses mmng agak lama,kebanyakan sonsul nya

    ReplyDelete
  3. Halo mbak vina!
    kulitnya sama banget kaya aku, bruntusan nggak brenti2 dan skintone berubah2 sesuai suhu(?), super oily dihidung dan lain-lain :'( tapi sekedar mau cerita nih, aku dulu sempet sembuh dari beruntusan, sekitar tahun 2014 awal-awal jadi mahasiswa baru, padahal skincare nggak ganti, tapi waktu itu aku rajin banget olahraga dan minum aer putih(setiap hari sepedaan dari kontrakan kekampus yang jaraknya lumayan bikin keringetan) dan yea my skin was clear and healthy back then :( mau nypba olahraga rutin tapi karena kesibukan kuliah jadi kelupaan terus :( plus waktu itu karena aku gatau tempat aku jarang banget makan yang engga-engga, kayak makanan junk food atau snack yang banyak mecinnya itu,,,,gatau sih ngaruhnya dimana, but I'm pretty sure it was bc my lifestyle is quite healthy(?)

    btw gimana keadaan muka mbak vina sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello anchanxxx,

      Pola hidup sehat juga mungkin ngaruh ya. Karena akupun ngerasain waktu rajin olahraga dan makan makanan yang sehat terutama gorengan, Kulit aku bisa dikatakan bebas jerawat. Cuma sekarang lagi seneng makan - makanan yang gak sehat jadinya ada jerawat di dagu hiks

      Aku udah berhenti total dari erha sejak bulan April 2016, maaf telat update hehe
      sekarang pakai perawatan biasa aja dari skincare brand korea dan jepang, dan kondisi kulitku much better dibanding waktu masih perawatan di clinic kecantikan. :)

      Delete
  4. Oh ya mba vina aku juga mau share nih karna aku juga sama di erha
    Kalau amg 2 itu mba pernah pake ga??

    ReplyDelete
  5. Oh ya mba vina aku juga mau share nih karna aku juga sama di erha
    Kalau amg 2 itu mba pernah pake ga??

    ReplyDelete
  6. Oh ya mba vina aku juga mau share nih karna aku juga sama di erha
    Kalau amg 2 itu mba pernah pake ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dya,

      Sorry banget late reply..
      Amg 2 aku pernah pake kok, itu ada clyndamicinnya fungsinya membantu untuk mengurangi dan mengobati jerawat. Good Luck ya perawatannya :)

      Delete
  7. sama .. ak klo.pake cream paginna amg 3 yaa berasa lebih gelaap mukanya.. hehe.. tp ak ke natasha juga sama... mungkin gitu kali yaa sifatnya cream anti jerawat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo tita,

      Iya bukannya malah cerah tapi jadi kusam, kadang suka gak pede nih hehe
      finnaly aku berhenti total aja perawatan di Erha karena lama kelamaan kulitku semakin over sensitif banget bahkan skintonenya jadi agak kemerahan.

      Delete
  8. Kak berenti erha bikin muka nya breakout ga ? Dan cara berhenti nya gimana ya?
    Aku juga pengen berhenti tapi takut tambah parah jerawatnya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Rainbow Cake,

      Yes breakout.
      Aku breakout sekitar 6 bulan selama itu ganti - ganti skincare, dan memang susah karena kulitku sensitif dan berjerawat jadi repot banget. Tapi after 6 bulan aku nemuin skincare yang cocok, memang gak semulus waktu ke dokter kulit tapi much better aja dan kulit gak kawatir tambah tipis atau tenang aja mau dimanapun udah bisa pakai skincare yang dijual dipasaran, dan yang pasti gak repot bolak balik ke klinik buat konsul dan beli obat.
      kalau aku berhentinya pelan - pelan, selang seling sehari pakai besok ngga, terus maju jadi seminggu 4 kali, terus aja sampe berhenti sambil ngabisin krim. good luck ya ^^

      Delete
  9. Setau q klo AF 2 itu buat siang soalnya dia sunscren

    ReplyDelete
  10. Halo kak aku pemula pake erha kok muka ku jadi gatel terus beruntusan gitu ya sama kemerahan. Kenapa ya kak kok bisa gitu, apa itu efek sampingnya atau bagaimana ya

    ReplyDelete
  11. Ka erha ini bagus ga buat umur 17 muka aku sensitif bgt rekomendasi dong bagusnya pake erha apa ,muka aku berminyak gampang berjerawat?

    ReplyDelete
  12. Hai kak, aku juga mau share deh. baru sebulan pemakaian erha dengan konsul dokter dulu tapi bukan dokter SPKK, karena aku erha cabang di mall. awalnya wajah ku beruntusan parah seluruh muka, kata dokternya aku alergi kosmestik. dikasihlah obat minum doxy+ dan satu lagi aku lupa namanya. dan dikasih krim2 pagi dua dan malem satu dengan obat kocok totol. pemakaian seminggu muka ku ngelupas kering tapi beruntusan tetap ada dan makin hari muncul satu per satu jerawat besar2 dan bernanah. aku balik lagi komplain ke dokternya, katanya ini aku infeksi dan meradang. dikasih obat minum lagi metcore namanya, terus di suruh beli krim tambahan yg pakainya di mix dengan krim malam. sudah habis 2 jt aku selama seminggu ini. dan pemakaian berlangsung disertai BLT (blue lght therapy) selama sebulan dan tidak ada perubahan pada beruntusan ku yang ada hanya makin parah jerawatan paraaaah banget!!! awalnya aku mau stop pemakaian, tapi kata ibu ku komplain aja ke erha pusat dengan dokter SPKK langsung, dan yg kami dapat disana data atau history dari cabang memang tidak ada, jadi kami harus dari ulang lagi konsultasinya. dengan disertai pembelian krim2 obat baru yang sudah habis 1 jt. total sudah habis 3jt dalam sebulan DI ERHA YANG TIDAK ADA HASILNYA!! aku bingung harus balik lagi ke dokternya atau stop langsung pemakaian ya kak? awalnya balik kedua kesana karena mau minta pertanggung jawaban dari ERHA, eh yg ada aku di porotin suruh beli lagi krim2 disana. alhasil krim pertama yg aku beli di erha cabang tidak terpakai. sampai saat ini aku sedih lihat wajah ku. :(

    ReplyDelete
  13. Coba lsng k erha pusat ny ajah yg emg dokter spkk jgn k erha cabang mall. Kl sm spkk dia lebi intensif ngerawat kulit kita.

    ReplyDelete