Feb 22, 2018

PENGALAMAN LEPAS KRIM DOKTER, ATAU PERAWATAN DI DOKTER SPKK (BREAKOUT, TRIAL ERROR, PURGING, ACNE FIGHT, & SURVIVE) PART 1

Hallo,

Di Postingan kali ini aku akan menceritakan pengalaman pribadiku ketika lepas dari perawatan Dokter SPKK maupun Dokter Estetika atau Klinik Kecantikan. Sebenarnya aku agak bingung memberikan judul postingan dikarenakan saat itu aku mengalami beberapa reaksi, beberapa pengalaman baru, dan segala hal tapi tetap sih semuanya dimulai saat lepas perawatan.

Postingan ini mungkin akan panjang, dan banyak tulisan, karenakan ini seperti bercerita pengalaman pribadi, semoga teman - teman tidak bosan membacanya dan tulisan ini bermanfaat bagi teman - teman semua.

Perawatan atau Krim Dokter itu tidak mengakibatkan kecanduan, atau kadang aku sering mendengar orang bilang seperti ini "kita tidak bisa lepas perawatan di dokter atau klinik kecantikan karena kita sduah kecanduan, kalau gak pakai nanti jelek lagi kulit mukanya", menurutku kata Kecanduan itu kurang tepat. Sebenarnya itu kembali ke pemikiran masing - masing, tapi secara umum saja kita bisa menilai dari hal kecil, contohnya kendaraan yang terawat dan tidak terawat tentu akan terlihat berbeda bukan? ataupun jika kendaran kita biasanya dirawat dan kemudian kita berhenti tidak merawatnya itu jelas berbeda bukan? Sama halnya dengan penggunaan perawatan atau krim dokter, jika kita berhenti perawatan atau menggunakan krim dokter, maka kondisi kulit akan kembali ke awal, seperti sebelum kita melakukan perawatan atau menggunakan krim dokter, menurutku itu lumrah - lumrah saja sih, tapi yang membuat luar biasanya adalah ternyata perjuangan lepas dari perawatan dokter atau krim dokter tidak semudah itu, butuh banyak perjuangan, kesabaran, dan ketelatenan.

Oke, jadi seperti yang kalian tahu atau yang sudah sering baca blogku, bahwa di Tahun 2015 aku kembali perawatan di salah satu klinik kecantikan yang cukup terkenal di Bandung. Singkat Cerita, aku memutuskan perawatan disana karena seperti biasa Jerawatan. Problemku selama ini selalu itu - itu saja, mungkin karena hormon yang tidak seimbang, pola hidup tidak sehat, dan stress juga, dan butuh sekitar kurang lebih 6 bulan untuk membasmi si Jerawat itu dari wajahku. Namun sayangnya kulit wajahku merasa tidak nyaman ketika menggunakan krim dokter itu, kulitku menjadi merah, dan merasa tertarik, mau senyum saja gak nyaman terasa ketarik - tarik kulit wajahnya. Kurang lebih kondisinya seperti gambar dibawah ini :

Gambar 1 : Saat masih perawatan dokter dan menggunakan krim dari dokter

Terlihat kulit wajah merah dan berbeda dengan leher, ditambah lagi kulitnya seperti ketarik jadi susah sekali senyum, jadi kurang nyaman, namun berbas dari jerawat, hanya ada beberapa sisa bekas jerawatnya saja.

Karena sangat tidak nyaman, melakukan aktivitas seperti berbicara, makan, tertawa, akhirnya aku memutuskan untuk perlahan - lahan berhenti dari Perawatan dokter tersebut. Memutuskan hal tersebut bukanlah hal yang mudah buatku, butuh beberapa bulan hingga aku mantap betul untuk berhenti dari perawatan dan penggunaan krim dari dokter.

Perlu dingat ya, aku tidak secara langsung lepas begitu saja, tapi pelan - pelan. Perlahan disini maksudnya seperti ini, pertama - tama aku lepas dulu krim malamnya, setelah terbiasa dilanjut ke krim siang, setelah itu lalu lepas facial washnya. Tapi diantara semuanya aku masih menggunakan Acne Lotionnya untuk ditotolkan ke bagian jerawatnya saja, produk lainnya sudah tidak aku gunakan lagi.

Gambar 2 : Saat setelah beberapa waktu lepas dari perawatan dan krim dokter, kulitku tidak glowing ya malah minyakan, dan tidak terlalu bersih juga, karena ini foto pakai handphone dan tidak pakai filter apapun, hanya bermodal cahaya lampu neon.

Pada Gambar 2 tersebut, kulitku sudah tidak terlalu merah - merah lagi, dikarenakan aku sudah berhenti dari krim malam, obat jerawat di pagi hari, dan facial washnya. Foto itu mewakili 1-2 bulan setelah aku lepas dari perawatan dokter tapi belum 100% full lepas. Di pagi hari aku masih menggunakan sisa Sunblocknya ditambah bedak bayi tabur, dan malam harinya aku tidak menggunakan apapun hanya cuci muka dengan sabun muka biasa, nah jika ada jerawat baru tumbuh aku pakaikan Acne Lotion dari dokter.

Saat proses pelepasan perlahan itu tentu saja aku juga pernah mencoba beberapa produk, dan Trial Error juga. Ya, mau bagaimanapun saat aku melepas perawatan dokter memang aku mengalami breakout tapi tidak langsung, setelah lepas 2 bulanan aku baru mengalami breakout. Aku melampirkan beberapa foto dibawah agar bisa terlihat perbandingannya, dan bagaimana awal mulanya aku mengalami breakout TT


Gambar 3 : Setelah 1-2 bulan berhenti perwatan dokter, tekstur kulit tidak sehalus sebelumnya, dan muncul beberapa whitehead di pipi dan dagu.

Gambar 4 : Sisi Kanan : Terlihat banyak Muncul Komedo, Whitehead, dan kulit masih agak merah tapi tidak semerah dulu saat masih perawatan dokter. 

Gambar 4 : Sisi Kiri : Terlihat banyak Muncul Komedo, Whitehead, dan kulit masih agak merah tapi tidak semerah dulu saat masih perawatan dokter. 

Pada Gambar 3,4, dan 5 aku sudah tidak menggunakan apapun lagi dari dokter kecuali Acne Lotion untuk totol di jerawatnya saja karena masih banyak. Pada saat itu aku sempat tidak menggunakan apapun, hanya facial wash biasa yang dijual di supermarket, dan siang hari hanya bedak bayi. Namun kelamaan aku mulai menggunakan Kiss Mud Facial Foam, Malissa Kiss Pada Malam hari, dan pagi hari aku menggunakan Chamos Acaci karena ketika aku memakai Chamos Acaci kulitku seperti menggunakan bedak, jadi selain mengobati jerawat, dia juga bisa membantu membuat muka lebih terlihat cerah, dan tidak kusam. 

Nah saat menggunakan rangkaian skincare tersebut kulit merahku perlahan menjadi sedikit pink, dan menurutku yang paling membantu untuk menghilangkan kemerahan adalah Mallisa kiss yang aku gunakan di malam hari. Namun hal itu tidak berlangsung lama, setelah menggunakan rangkaian skincare tersebut selama beberapa bulan kulitku mulai benar - benar breakout, atau purging entahlah.

 Gambar 6 : Sisi Kanan : Bruntusan atau whitehead mulai menjadi beberapa jerawat yang sedikit meradang.

Gambar 7 : Sisi Kiri : Bruntusan batau whitehead berubah menjadi jerawat yang sedikit meradang.

Saat itu aku merasa, Chamos Acaci sudah kurang oke untuk membantuku menghilangkan jerawat dan menghambat jerawat untuk tumbuh, aku akhirnya mencari produk lain. Namun beberapa produk aku rasa kurang meyakinkan, sampai aku browsing kesana kemari, dan menemukan seseorang yang merekomendasikan perawatan kulit, setelah banyak curhat dan ngobrol aku jadi mencoba produk yang sedang dia pakai. Jujur aku tergiur karena kulit wajah seseorang ini yang dulu jerawatan parah jadi mulus sekali. Dia bilang krimnya aman, bahkan diakan saat itu sedang hamilpun tetap bisa pakai, akhirnya tanpa fikir panjang aku membelinya. But it was a stupid decision for me!!.

Gambar 8 : Sisi Kanan : Bruntusan atau Whitehead berubah menjadi jerawat, dan semakin banyak, malah di dagu timbul jerawat besar 

Gambar 9 : Sisi Kanan : Bruntusan atau Whitehead berubah menjadi jerawat, dan semakin banyak, malah di dagu timbul jerawat besar 

Pada Gambar 8 dan 9, adalah ketika aku menggunakan krim perawatan yang direkomendasikan oleh seseorang. Krimnya agak abal - abal mungkin, tapi karena aku sudah desperate saat itu jadi aku beli dan main pakai saja taunya bukannya membaik malah semakin memburuk, namun kulit sih menjadi cerah, tapi hal itu malah semakin membuat jerawat merah terlihat lebih kontras warnanya TT.

Setelah itu aku berhentikan apapun kecuali sabun mukanya dan kembali ke bedak tabur bayi. Ketika aku curhat ke temanku, yaitu tetanggaku dia bilang bahwa teman kampusku menjual serangkaian produk skincare yang cukup lumayan untuk jerawat. Lagi - lagi tergiur dan awalnya aku hanya membeli tonernya saja, dan Alhamdulillah membaik, jerawat yang asalnya radang jadi agak kalem. Setelah habis satu botol tonernya aku memberanikan diri membeli krim malamnya.

Krim malamnya adalah BMC, kalau tidak tahu tentang BMC boleh Googling ya. Setelah cocok pakai BMC aku membeli sunblock dan facial washnya. Sunblock, dan Tonernya memakai merk dari Toko dia jadi aku tidak tahu apa merknya, namun untuk facial washnya adalah Kyoto Premium Soap.

Gambar 10 : Ini saat aku menggunakan perawatan skincare dari teman satu kampusku dulu. Foto diambil tanpa filter, dan cahaya berasal dari cahaya matarhari. Terlihat jerawat sudah mulai hilang, hanya beberapa bekasnya saja.

Kurang lebih 6 bulan memakai serangkaian skincare tersebut dan membaik, tiba - tiba temanku itu memutuskan untuk tidak menjual lagi produknya dikarenakan produknya kan di Import dari Luar Negeri dan pada saat itu barang Import sedang susah masuk ke Indonesia.

Aku mulai merasa bingung lagi, dengan memberanikan diri aku nekat tanya ke temanku itu sebenarnya sunblock dan tonernya dia pakai merk apa namun dia tidak memberitahukannya, hanya memberikan suggest coba merkd ari clinique, tapi karena mahal jadi aku browsing saja merk skincare lain dan jatuhlah pilihan saat itu pada skincare korea.

Krim malam aku masih pakai BMC, Facial Wash aku masih pakai Kyoto. Sunblock aku ganti menggunakan Innisfree, bedak tabur pakai Eglips, dan Alhamdulillah aku tidak breakout ataupun purging. Lama kelamaan kulitku sudah bisa menggunakan Essence, Toner dari brand korea juga yaitu Cosrx, dan aku mengganti Innisfree sunblock karena sudah OOS dari Korea tidak diproduksi lagi, lalu aku menggantinya dengan Shirohada, dan ditambah serum - serum dari Fracora, dan kulitku semakin membaik.

Gambar 11 : dalam foto ini aku tidak menggunakan filter apapun atau editan apapun, ini hasil dari kamera handpohe yang beda merk dengan beberapa foto diatasnya, karena itu hasil fotonya lebih bagus. 

Pada Gambar 11 aku hanya menggunakan shirohada dan bedak eglips yang blur. Hasilnya bagus sekali di aku. kurang lebih sampai juli 2017.

Namun saat setelah itu kulitku jadi gak bisa pakai BMC lagi karena terlalu kering. Akhirnya aku stop BMC selama beberapa bulan sih tidak masalah namun permasalahan jerawat dan whitehead ini muncul lagi setelah 3 bulan setelahnya sampai hari ini, dan tiba -tiba aku merasa tidak cocok dengan serangakaian skincare yang aku pakai saat itu.

Aku akan membahasnya di part II, Semoga postingan ini membantu dan memberikan informasi yang baik bagi teman - teman sekalian.

Semua nama produk yang aku gunakan tidak disponsori, dan aku membelinya dengan uang pribadi ya.

See you in Next Post!!

90 comments:

  1. Aku juga sama sis.. pas lepas dari cream dokter, muncul banyak whitehead di pipi. Sekarang bingung mau pake produk apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak aku juga ini bingung mau pakek produk apa

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    5. Hallo dear,

      Maaf baru balas,
      saya akan update secepatnya part 2 nya ya

      Delete
  2. sis lanjut lagi donggg part 2 nya. aku butuh saran untuk temen aku yg lg ngalamin hal yg sama dengan kamu nih. Nice info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Dear Amalina,

      Sorry part 2nya udah lama banget gak update,
      secepatnyaa di 2020 ini
      Thank you

      Delete
  3. Kakk untuk bekas jerawatnya kakak pakai apa ??

    ReplyDelete
  4. kaa cara lepas nya krim malem gimana yaa, aku lepas beberapa hari dipipi banyak bgt bruntusannyaaa, aku bingung harus pake apaa, sabun cuci muka juga belum dapet yg tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai sabun cuci muka cetaphil, smg bisa membantu buat kulit sensitif

      Delete
    2. Dear Hanna,

      Aku lepasnya bertahap, misal minggu awal mau lepas itu aku pakainya selang seling sehari pakai sehari ngga, terus minggu keduanya selangin 2 hari, minggu ketiganya selangin 3 hari, begitu aja seterusnya sampai benar - benar gak pakai, biar kulitnya gak kaget juga kalau tiba - tiba berhenti.

      untuk sabun cuci muka dllnya juga sama lepasnya pelan - pelan, kalau ngerasa baik - baik aja tanpa sabun cuci muka bisa bilas pakai air aja, tapi kalau gak nyaman dan ingin pakai sabun cuci muka bisa cari yang ringan misalnya yang gel gitu, yang gak banyak sabunnya, nah cetaphil juga bisa.

      Selain itu kuncinya sabar, aku juga ngalamin kok breakout, nanti aku share lagi di part 2.
      Semangat yaa

      Delete
  5. aduh ini aku banget lepas 2hari cream natasha langsung muka breakout prah pngen nangis , mana skrg mau m jeddah pindah based sana , mama da natasha disana 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sist lg berenti cream natasha :(

      Delete
    2. Kalian gimana udah bisa lepas?

      Delete
    3. Aku juga lagi berusaha lepas krim natasha, udh 1 bulan.
      Aku ga stop secara langsung semua, tp bertahap muali dr krim pagi, yg aku lepas, lanjut krim malam.
      Tp sampai skrg belom nemu facial wash yg cocok.
      Dan belom nemu juga skincare yg cocok.
      Udh coba paks wardah yg creamy foam gak cocok malah timbul beruntusan, beralih juga ke wardah series yg white secret ditambah serumnya kayanya ga cocok juga soalnya tambah jerawatan dan rada gatel, ini mau balik lagi pake facial wash nya natasha, karn blom nemu yg cocok.
      Sekarang lagi nyoba the body shop pelembab vit E untuk kulit kering semoga aja cocok, buat yg mau lepas krim natasha kita sharing di wa yuk :( 085881707069

      Delete
    4. Aku juga lagi berusaha lepas krim natasha, udh 1 bulan.
      Aku ga stop secara langsung semua, tp bertahap muali dr krim pagi, yg aku lepas, lanjut krim malam.
      Tp sampai skrg belom nemu facial wash yg cocok.
      Dan belom nemu juga skincare yg cocok.
      Udh coba paks wardah yg creamy foam gak cocok malah timbul beruntusan, beralih juga ke wardah series yg white secret ditambah serumnya kayanya ga cocok juga soalnya tambah jerawatan dan rada gatel, ini mau balik lagi pake facial wash nya natasha, karn blom nemu yg cocok.
      Sekarang lagi nyoba the body shop pelembab vit E untuk kulit kering semoga aja cocok, buat yg mau lepas krim natasha kita sharing di wa yuk :( 085881707069

      Delete
    5. Aku lepas cream natasha alhamdulillah udah jalan 14 bulanan. Padahal aku pemakai cream natasha dr tahun 2010. Cuma butuh kesabaran dan ketelatenan untuk prosesnya. Facial foam wardah white secret pertama kali makai memang breakout. Akhirnya aku cm makai d malam hari saja, karena untuk yg tdk cocok dgn kandungan aha bha dr foam tersebut bsa breakout parah dan aku sempat mengalaminya. Coba pakai senka wip atau white clay. Aku cocok dan tidak breakout.
      Minggu2 awal November aku sempat mau kembali ke Natasha karena merasa wajahku tidak se glowing ketika memakai natasha, tapi setelah banyak yang bilang dan tak percaya aku lepas natasha dan hanya memakai skincare drugstore jadi lebih percaya diri tak mau kembali ke natasha. Mungkin k natasha cm mau radioderm dan perawatan lainnya :)))
      Semoga membantu :)

      Delete
    6. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    7. Hallo dear,

      Baiknya berhentinya bertahap ya jangan sekaligus, biar adaptasi pelan pelan juga kulitnya jadi gak terlalu breakout.

      Dear all,
      thank you sudah bantu jawab

      Delete
  6. Kak aku lagi proses lepas cream dokter belum sebulan sih baru beberapa minggu, aku pake teknik 424 sehari sekali jadi kadang whitehead lepas. Oh iya aku mau nanya pas lepas cream dokter kakak masih suka pake make up atau bedak ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Hallo Dear,

      Teknik 424 itu apa kl aman dan hasilnya bagus boleh share ya.
      Kadang pakai tapi gak tiap hari, kalau sehari - hari aku lebih suka gak pakai make up atau bedak, cuma kalau ada acara saja.

      Semoga membantu

      Delete
  7. BMC, beauty magic cream kan sis? Yg ada tulisan arab nya? Itu bknnya berbahaya ya sis, isinya steroid bnyk

    ReplyDelete
  8. Yg lgi coba lepas crem LBC dong, yuk sharing di wa (082324835824), sungguh aku sangat frustasi, huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akuuu.
      Pake LBC sejak 2010. Trus makin kesini koq kulit makin tipis bgt, urat2 keliatan semua di muka, jadi takut sendiri.
      Akhirnya langsung stop krim malam, krim pagi dan sunblocknya. Cuma pake facial washnya doang (dalam waktu dekat bakal stop juga).
      Sekarang pake skincare drugstore, rasanya ga se glowing pake LBC huhuhu, agak bruntusan juga, trus koq gatel2 ya. Duh perjuangan.

      Delete
    2. Akuuu.
      Pake LBC sejak 2010. Trus makin kesini koq kulit makin tipis bgt, urat2 keliatan semua di muka, jadi takut sendiri.
      Akhirnya langsung stop krim malam, krim pagi dan sunblocknya. Cuma pake facial washnya doang (dalam waktu dekat bakal stop juga).
      Sekarang pake skincare drugstore, rasanya ga se glowing pake LBC huhuhu, agak bruntusan juga, trus koq gatel2 ya. Duh perjuangan.

      Delete
    3. Akuu, pake dr th 2015 smpe 2019
      Baru coba lepas 1 minggu
      Tp udh mulai mincul bruntusan :( dan kulitku jd ga se glowing dlu
      Di LBC aku pake krim malem no 14 krim pagi no III (klo ga salah) sm facial wash yg acne. Tp aku lepasnya step by step. Ga langsung gt aja
      Masi coba produk2 korea ktnya si alami yaa
      Mungkin bisa saranin produk apa yg bisa kupakai

      Delete
    4. haii aku jg udh bbrp tahun pakai lbc, skg aku bner* lepas krim scr lsng,krn urat udh kelihatan dan merah* gituu. hari pertama gatelll bgt, skg pake cetaphil udh mendingan meskipun ttp yah bruntusan dan sedikit gatal, ada saran hbs ini pakai krim apa ya ? sy tipe sensitif & berminyak

      Delete
  9. Aslm... dear sista,...kenalin sy diah, aku turut prihatin dgn cerita sista semua , krn 2001 silam aku juga ngalami case yg sama sampe 2005 pencarian ku dan penderitaan ku lepas dari krim dokter dan cream2 pemutih.berkimia ..

    Alhamdulilah akhir ya aku temukan solusi terbaik u pemulihan kulit ex krim pemutih
    Dan 2008 aku mendirikan tempqt pemulihan kukit wajah dgn konsep anti kanker bernama beautyzone centre , visit fb kami ya di fb: beautyzone centre di sidoarjo, bagi yg luar kota dan luar pulau jgn kuatir sy akan tangani sendiri konseling pemulihan wajah siata dgn intensive. WA ku 0811311670
    On line shop ku www.diahpuspitawati.bisnissaya.com
    Konsultasi dan usg kulit gratis ya ..

    Semoga info ini bermanfaat u sista semua, wasalam, save your skin... health & beauty always with us..

    ReplyDelete
  10. Hai kak...aku jg mengalami hal sama seperti kakak selepas krim dokter selama satu bulan breakout ny g jrwt tapi sprti komedo kecil kecil.. saran aku jgn pke krim apa apa dlu kl bs prwtan sprti beli serum khusus mncegah komedo dan jrwt atau perawatan alami sj yg aman pakai masker jeruk nipis or lemon itu lumayan cpt ngeringin sekaligus ngilangin bekas jrwt :) btw thank u blog nya sgt membantu kita untuk bs sharing dan trnyta g sy doang yg mengalami kjadian sprti ini ☺️

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak juga keluhan ku df teman2 lainnya yg lepas dr krim dokter atau krim pemutih lainnya ya..trmasuk sya nih sy sblmnya pakai krim anti aging dr online belinya sdh 1thn mmg wajahku yg semula bnyak melasma nya jd mulus&bersih,lama2 kulit spt menipis,merah dr sni kekwatiran muncul &sy hrs lepas dr krim ini &sdh 2minggu lepas pass..dan yg bikin sedih skrg melasma ku meradang gila bngett..
    smntra skrg msih menggunakan maskeer havermut,vco,slanjutnya pingin gunakan wardah white secret semoga aja cucok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Dear,

      Amin, semoga kondisi kulitnya semakin membaik ya dear

      Delete
  12. Hallo semua, saya juga baru lepas dari cream dokter... Tp saya lepasin nya secara mendadak langsung berenti ttrus unt sabun cuci muka nya saya pake sabun switszal bayi. Alhamdulillah skrng udh agak mendingan jerawatnya .. Cuma ga tau 1 bln atau 2 bln kedpan nya gmna. Liat coment teman2 saya jd takut nanti kedepannya effek nya jd breakout. Lg cari2 skin care yg cocok juga skrng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sasa,

      Semoga semakin membaik ya,
      untuk sabun bayi juga dicek dulu kandungannya ya takutnya ada yang mengiritasi kulit, tapi semoga cocok dan semakin membaik ya kondisi kulitnya.

      Delete
    2. Sama banget. Aku cm pke krim mlm si selama 6 bln. Trs 1 minggu yg lalu aku berhenti krna takut (awalnya aku gk tau trnyta itu brbhya:() Trs ini malah bruntusan:( makin banyak lagi. Gimana ya?

      Delete
    3. Maaf kk aku baru 2mgg pake serangakaain cream dokter
      Kalo baru 2mgg apa bisa d berhentikan langsung

      Delete
  13. Hai kak... Saya juga baru lepas dari cream dokter(semuanya tanpa bertahap) ..pas lepas sebulan wajahnya masih mulus,setelah 2 bulan januari 2019ini wajah saya langsung breakout parah jerawat merah².nggak tau mo gimana mo balik lagi tapi nanti susah lagi buat lepasnya.jadi coba² aja dulu pake wardah aloevare,madu,sama penguapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo dear,

      memang sebaiknya bertahap biar tidak kaget kulitnya kak, tapi karena sudah terlanjur dan sekarang lagi berusaha memperbaiki kondisi kulit, semoga lekas membaik ya kondisi kulitnya dan cocok dengan skincare apapun itu ya

      Delete
  14. Hai nimbrung ya wkwk. Aku masi dalam tahapan lepas dr dokter lewie spkk sih ini, pertama lepas sabunnya dulu kl aku, uda sebulan gapake sabun muka apapun setelah itu pake phisohex yg phnya ballance (krn mukaku g cocok kl pake yg ada foamnya). Terus lepas krim malamnya pelan2, caranya makenya selang seling. Sehari pake sehari enggak sampe akhirnya bener2 ga pake (ini aku butuhin lepas krim mlm selama 1bulan sih, smpe akhirnya saat ini uda lepas 1 minggu).
    Nah sebelum tidur kalo pas lg good mood muka diolesin lidah buaya diemin 15 menit abis itu bilas.
    Skg kalo malem aku ganti pake acnes powder lotion (ini aku pake setelah mandi) fungsinya sih buat ngatasi kulit berminyak (sebum) bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat.
    Kalo ada modal lebih bisa beli papulex oil free cream sebagai gantinya. Harganya mungkin skg 200an isi 40ml. Tapi bagus bgt untuk muka berjerawat.
    Kudu telaten dan sabaar. Jangan stress,pola hidup sehat juga harus dijaga. Banyakin jus wortel dan air putih. Pola hidup sehat bener2 berpengaruh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Sama nih.. Aku juga baru lepas dokter lewi sebulan ini. Sekarang lagi breakout di pipi kiri n dagu 😭
      Saat ini pake larissa, karena lebih alami.tapi blm keliatan ada hasil, jerawat yg besar tetap ada.
      Susahnya klo udh kecanduan cream dokter lewi
      Kamu ga breakout waktu lepas dokter? Sekarang pake skincare apa, selain acnes ?

      Delete
    2. haloo .. bisa share skincare routine skg soalnya sya juga jerawat kecil2 kaya whiteheads cm kok ada isinya .. binggung harus pake apa

      Delete
    3. Hai kak gimana perubahannya sekarang? Pakai skincara apa sekarang? Mukaku sekarang lagi seperti kaka

      Delete
    4. Dear Widyana,

      Thank you for nice info ♡

      Setuju harus telaten dan bener bener sabar bangettttt itu kuncinya.
      aku pernah juga pakai papulex oil free diresepkan sama dokmon atau dokter simon dulu untuk kulit berjerawat, cuma karena pakainya udah lama banget jadi agak lupa progresnya gimana. dan setuju lagi dong banyak minum air putih sama pola hidup sehat asli bener bener ngaruh..

      Delete
  15. Bismillaah
    Aku pasien natasha kira2 14 thn...udah bbrp bulan combine sm skii..ga ada purging sih,aman2 aja
    Cuman pelan2 aku brhnti pake krim,tnggal krim malam aja
    Akhir bulan kmrn,aku lepas juga krim malamnya krn ga mau terus2 an pake krim dokter
    Daaaannnn purging lah smpe hari ini������mngkin krn udah lepas krim dokter,dtmbah lagi pake skii yg udah trkenal men detox nya...purging nya bruntusan gitu di pipi����ga prnh merasakan sprti ini sblm2 nya..mngkjn ada yg bisa sharing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anastasya,

      Waktu lepas krimnya bertahap gak?

      Boleh nih untuk yang pernah pakai skii sharing yaa

      Delete
  16. Hai aku baru sekitar 2 mingguan lepas krim dokter. Tipe wajahku aslinya :jerawat,
    berminyak, kusam. Pertama,lepas krim malam. Kedua, lepas facial wash. Day cream kdg masih pake krna masih banyak. Terus aku coba pakai facial wash dr The Body Shop varian Tea Tree. Lumayan nenangin kulit yg udh stop pakai cream. 2 mingguan cm treatment pakai facial wash itu. Aku jh pakai apple vinegar tiap 2 hari sekali pas malam, utk ngurangin jerawat yg keluar dan juga bantu netralisir kondisi kulit. Ini lumayan efektif, sambil cari produk skincare yg cocok. Memang butuh waktu dan proses yang panjang. Semangat semuanyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dear,

      Betul memang butuh proses dan kesabaran, yang jelas tetap semangat, telaten dan konsisten.

      Thank you for nice info ♡

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Sama aq jg lg brjuang bt lepas cm jd bruntusan gt dan gatel nya ga karuan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kak udah mendingan wajahnya? Aku juga bruntusan dan gatel2. Baru seminggu berhenti aja udah breakout parah. Pengen nangis aja bawaannya kalo liat muka sendiri TT

      Delete
    2. Dear Tyas,

      Semangat ya, memang butuh proses dan kesabaran. yang penting telaten dan konsisten terus pola hidup juga harus sehat, dan perbanyak minum air putih ya

      Delete
  19. Jadi pengen lepas krim dokter, aku pake aishaderm kak, krim malem racikan apoteker, pengen coba lepas, tapi takut breakout parah, gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Railsa,

      Lepasnya bertahap yaa, selang seling dulu misal sehari pakai sehari ngga, minggu kedua selangin dua hari dan begitu aja terus. jangan langsung lepas biar kulitnya gak kaget juga.

      soal breakout atau ngga memang butuh kesabaran di tiap prosesnya ya, aku beberapa kali juga breakout tapi tetep konsisten gak mau ke dokter kulit lagi karena menimbang satu dan lain hal, dan sekarang udah sekitar 1 tahun bener - bener lepas dan gak masalah juga kulitnya jerawat sih ada tp hormonal aja.

      jadi jangan takut, memang butuh proses dna kesabaran, juga telaten dan konsisten. pola hidup sehat dan minum banyak air putih ya

      Semoga membantu

      Delete
    2. Ka, selama diselang seling ngga pake apa" dulu ?

      Delete
  20. Aku lagi coba lepas juga nih bingung mau pke skin care apa buat sehari2 soal nya skrg lg muncul bruntusan kuga.
    Ada. Yg punya rekomendasi ga ya yang bagus buat kulit berminyak sensitif kaya aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello dear,

      lepasnya bertahap aja dulu, untuk produk yang akan dipakai coba cari yang khusus untuk kulit sensitif aja atau sesuai jenis kulit dan pastinya produk yang aman, bisa cari informasi dulu tentang kandungannya terutama takutnya ada yang mengiritasi kulit, cari info dulu ya sebelum kalap membeli produk skincare.

      semoga membantu

      Delete
  21. wah sangat membantu sekali kak infonya, terimakasih ya


    jangan lupa visit kita dengan klik di sini ya ,, terimakasih :)

    ReplyDelete
  22. Hai ikut nimbrung ya barangkali ada yg bisa bantu masalah aku. Mohon bantuannya :)
    Disini saya baru kurang lebih sebulan lepas dri krim dokter erha , q makeknya kurang lbh 3bulanan. Dan aku langsung lepas gitu aja . Dan sekarang mukakku bruntusan parah . Duuh pengen nangis rasanya. Menurut temen2 q hrus pakek skincare apa ya untuk kulit kering dan berflek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Niara,

      Coba dengan produk yang ringan dikulit dulu ya, dan sesuai dengan jenis kulit. Usahakan produknya jangan yang katanya racikan - racikan ini itu karena kitakan gak tau kandungannya apa, coba cari produk yang udah berBPOM atau cari info sebanyak banyaknya dan cek komposisi produk sebelum membeli ya barangkali ada yg gak cocok di kamu kandungannya.

      semoga membantu

      Delete
  23. Sedikit berbagi yaah... hampir 1th saya lepas krim dokter, lepasnya bener" stop tanpa bertahap cz pas itu hamil n bener" g tahan ma bau krim" itu, tapi masih pake facial washnya aja. Muka jadi jerawatan parah, apalagi selama hamil jadi pemalas bgt, kadang cuci muka cuma 1x sehari 😅 maret kemarin pas baby 2 bulanan, ada temen kasih saran buat cuci muka pake lactacyd baby cz itu kan sabun bayi buat kulit bayi yang sensitif. Pake itu selama 1 bulan bertahap jerawat mulai berkurang, trus liat" youtube buat ngurangin jerawat bisa pake toner viva greentea + astrigen, alhamdullillah manjur, jerawat yang gede" berangsur pecah sendiri atau kempes 😁 sekarang jerawat masih 1 / 2 itupun kecil" ajah, bekas jerawatnya lg nyoba pake citra yang greentea. Sejak hamil itu saya jagmdi sadar yang penting itu kulit sehat, kalau terlalu pingin putih n kinclong kayak artis" itu terkadang malah bikin g sehat n budgetnya belum tentu ramah dkantong 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Dear,

      Nice to hear that.
      The power of bumil yaa, btw akupun sama sih sejak hamil bener - bener coba teliti banget milih skincare dan pastinya udah gak pakai krim dokter lagi karena prioritasnya ke kandungan. Tapi sejak hamil dapat hikmahnya juga, entah kenapa bawaan bayi bikin kulit wajahku bagus glowing, dan jarang banget jerawatan, malah hampir gak pernah. setelah lahiran beberapa bulan masih oke walaupun malas pakai skincare, cuma karena setelah beberapa bulan pola hidup kacau dan makanan juga kurang dijaga akhirnya timbul jerawat sih, tapi sekarang udah better banget, nanti aku share di part selanjutnya ya

      Delete
  24. aku berhenti pakai produk dokter, hasilnya bawah bibir dan samping hidung pedih , seperti gosong juga. Mohon info menghilangkan seperti itu pakai apa ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dear,

      berbentuk luka atau bagaimana ya dear?

      Delete
    2. Bentuknya bruntusan merah merah kak. Kaya mengelilingi mulut. Aku juga gitu:( gimana ya

      Delete
    3. Hallo,

      Sebenernya ini juga gak bisa langsung ditebak penyebabnya apa, coba di ingat ingat dulu pada saat berhenti menggunakan produk apa, mungkin itu iritasi atau karena tidak cocok produk, soalnya harus bener - bener diketahui dulu penyebabnya takutnya karena produk lain bukan karena berhenti dari krim dokter saja.

      Sementara tidak usah pakai apapun cukup cuci muka dulu aja, bener - bener memberhentikan semua produk yang dipakai mudah mudahan dengan cara simple seperti ini sedikit demi sedikit bisa membaik ya

      Semoga membantu ya

      Delete
    4. Ini sama persis kyk aku say..saya berhenti cream dokter diarea itu yg memerah bruntusan kecil berarir dan gatel,tiap mlm q kompres cuka apel yg diracik pkai air perih bgt memang tp cpt kering diulang2 trus sampai mengelupas lnjut pkai cetaphil ada perubahan walaupun blm.smbuh total bru ada 1 minggu ini say

      Delete
  25. Hallo. Aku udah lepas dari facial wash, krim siang,dan sunblock dari klinik kecantikan udah 2 bulan. Aku cuma pakai night creamnya aja. So far, wajah aku tetep baik2 aja. Beberapa hari kemudian night creamku habis, dan facial wash yg biasa aku pakai juga habis dan kondisi waktu itu lagi pulkam. Alhasil night cream aku ganti pakai face oil, setelah 2 hari wajahku kusam. Beli lah aku night cream garnier dan facial wash wardah, padahal sebelumnya aku emang nggak cocok pakai wardah tapi pingin coba lagi siapa tau cocok, setelah 2 hari, wajahku breakout beruntusan parah daerah hidung kering hitam ngelupas. 2 hari berikutnya, aku balik ke surabaya, dan paketan skincare yg aku beli udah datang. Langsung aku coba dong, facial wash yg aku pakai innisfree green tea foam cleanser, untuk area T zone aku pakai innisfree bija cica balm, sama some by me 30 days miracle cream untuk krim malemnya. Alhamdulillah dapat 3 hari bruntusan ilang, area T zone udah nggak hitam ngelupas lagi. Di sore hari aku rutin pakai aloe vera juga, biar kulit calming.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Fiyah,

      Nice to hear that, Thank you for nice info ya ♡

      Delete
  26. Ya, cream dokter memang bisa ketergantungan gitu ya kak. lebih baik emang pakai cream pemutih wajah yang ringan-ringan yang dijual umum ya kak. Oh iya kak, ada review nya paket perawatan wajah Dr. Lidya Skin Care tidak kak? denger-denger produknya bagus dan sangat cocok untuk kulit orang Indonesia kak. Kalo ada minta link nya ya kak.

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  27. Sama kak aku juga lagi nyoba lepas dari tgl 11 samapi 20 tapi udah muncul jerawat dan inipun lagi nyoba drugstore . Mendingan yang belom terlanjur kenal krim dokter ga usah pake. Aku halu mau balik lagi apa enggak 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dear,

      Semangat dear dan tetap konsisten. Pasti kita hampir semua mengalami proses yang sama breakout tapi kuncinya sabar, dan pola hidup sehat ya, kalau memang ingin lepas jangan balik lagi, percuma dong usaha kemarin - kemarin jadinya sia - sia, kan udah berkorban waktu dan kondisi sejauh ini.
      Semoga membantu

      Delete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. Maf salh ketik ,kak mo tanya wajah bruntusan q Lom jga sembuh ,dah ke klinik dokter kulit pun GK sembuh2 anehnya Lo pas panas atau gerah ,lgsg muncul bruntusan sewajah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak terus sekarang gimana perubahannya?

      Delete
    2. Hai kak terus sekarang gimana perubahannya? Pakai skincare apa sekarang kak

      Delete
    3. Hallo,
      Untuk sekarang pakai skincare korea aja, dan cocok. Nanti ku Share ya soalnya nunggu genap 3 bulan dulu :)

      Delete
  30. Katanya dr pure bagus ya, alna aku juga mau berhenti dari cream dokter karena menurutku cream yg aku pake seperti mengandung steroid

    ReplyDelete
  31. Dr pure juga bahaya katanya, banyak yg pake kincloupas berenti breakout juga..

    ReplyDelete
  32. ngilangin bruntusan sama whitehead pakai apa ya kalau boleh tau?saya juga perlahan lepas krim dokter mau ke spkk takutnya sama juga krimnya pasti mengandung yg kimia berbahaya jadi bingung mau pakaiin apa, dulu wajah ku oily acne gitu terus agak lepas krim dokter jerawat muncul aku pakaiin obat oles jerawat wajah makin kering banget mau pakai facial foam juga bingung soalnya kebanyakan mengandung sls dan paraben takut makin iritasi buat kulit keringku , sapa tau ada saran yang baik?

    ReplyDelete
  33. Aku pake cream racikan gitu udah lumayan lama. Pengen berhenti tapi takut. Selama di selang seling, ngga pake apa" kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Melly,

      Dicoba pelan pelan aja kalau memang sudah mantap ingin berhenti,
      Selama ini sih sebenernya banyaknya gak pakai apa - apa selain cuci muka, maskeran dan pakai sunscreen, itupun carinya yang mild takutnya kalau ada active ingredients yang misalnya untuk jerawat malah bikin breakout, jadi bener bener yang basic aja pakainya untuk pencuci muka, masker, sunscreen atau sunblocknya, dan no makeupan dulu aja sih kalau aku.

      Semoga membantu ya

      Delete
  34. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete