Feb 14, 2018

Cara Menentukan Warna Kulit atau Undertone : Sering salah memilih warna Foundation, Lipstick, atau Pakaian, coba cek apa warna Undertone kamu disini!


Images From Google
Hallo,
Pernah gak sih ngalamin beli foundation tapi warnanya ketuaan atau keterangan?, atau pernah juga ingin memakai warna lipstick merah ala Tailor Swift yang sempat hype tapi gak cocok dikulit?, lebih parahnya pakai warna baju yang bikin kulit wajah malah jadi kusam atau gelap? Iyuuuuh!!!!! Tentunya gak mau dong kita memakai warna yang gak cocok dengan kulit kita. Lalu bagaimana caranya biar kita dapat menentukan warna yang cocok untuk kulit kita? Yuk kita bahas disini,

Sebenarnya banyak cara mudah untuk mengetahui apa sih sebenarnya warna undertone kita. Namun pasti dari beberapa orang ada yang belum mengerti apa itu undertone yang akan kita bahas. Undertone adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh Gen. Artinya warna dasar ini tidak akan pernah berudah, walaupun kulit mengalami perubahan menjadi lebih cerah, maupun gelap. Pada dasarnya Undertone memiliki Tiga jenis yaitu Cool, Neutral, dan Wrm undertone, tapi saat ini menjadi Empat Jenis yaitu Cool, Neutral, Warm, dan Olive Undertone. 

Berikut cara mudah menentukan Undertone kita :

Images : https://corporate.target.com/article/2014/04/picking-the-best-foundation-for-your-skin-tone

1. Urat Nadi
    Lihat warna urat nadi di pergelangan tangan kita di tempat yang terang, apakah berwarna biru, hijau, ungu,     atau olive?. Jika urat nadi cendrung berwarna lebih ke biru atau ungu berarti undertone kita adalah 
    COOL. Jika urat nadi cendrung ke Hijau, maka undertone kita adalah WARM. Tapi bagaimana jika Urat
    Nadi terdiri dari perpaduan warna? Bisa jadi kita memiliki undertone Neutral yang biasanya urat nadi ber-
    berwarna campuran hijau dan biru, dan jika urat nadi campuran dari biru dan hijau (olive) berarti 
    undertone adalah olive.

2. Warna Perhiasan
    Selain urat nadi, kita bisa mengecek undertone kita dengan warna perhiasaan yang cocok pada kita. Jika
    seseorang lebih terlihat cerah dan bagus dengan perhiasan berwarna Silver, maka undertone kita adalah 
    Cool. Namun Jika kita lebih bagus jika menggunakan perhiasaan berwarna Emas maka undertone kita
    adalah Warm. Jika cocok keduanya berarti undertonenya Neutral. Lalu bagaimana dengan Olive? 
    Sebenarnya Olive undertone cocok dengna kedua warnanya namun jika anda merasa lebih bagus dengan
    warna silver berarti olive undertone anda cendrung ke Cool, atau jika bagus dengan gold undertonenya
    cendrung ke Warm.

3. Kertas Putih
    Cara ini juga bisa kita lakukan, caranya berdirilah di hadapan cermin, lalu ambil sebuah kertas dan
    tempatkan kertas itu tepat di sisi kiri atau kanan wajah ke leher. Jika muncul tone Biru berarti kita memiliki
    Cool undertone, tapi jika muncul tone Kuning berarti kita memiliki Warm Undertone.

Sebenarnya masih banyak cara lainnya salah satunya dengan warna pakaian atau rambut. Namun hal tersebut aku fikir sedikit membingungkan, maka itulah Tiga Cara mudah menentukan Undertone kita. Menurutku yang paling akurat adalah poin 1 dan 2, karena dengan hal itu aku menemukan warna undertoneku. 

Hmmm, Masih bingung? Tenang aja, kita bisa mencari referensi lain dari orang - orang terkenal seperti artis,
jika warna kulit kita mirip - mirip dengan artis tersebut berarti kita memiliki Undertone yang nyaris sama. 
dan keuntungannya kita bisa mendapatkan inspirasi warna pakaian, makeup dan lainnya.

Setelah mengetahui apa Undertone kita, saatnya kita mencari tahu warna - warna apa saja yang cocok dengan undertone kita, berikut beberapa informasi warna yang sudah aku kumpulkan dari berbagai sumber :



Warna diatas hanya sebagian warna dasarnya saja. Jika membutuhkan banyak referensi warna aku juga mendapatkannya dari Google,

1. Warna yang cocok bagi pemilik Undertone Warm and Cool

Images from Google

2. Color of Chart, bagi undertone Cool, Warm, dan Neutral

Images : http://oliveskinbeauty.com/face-beauty-tips/undertone-skin-color-categories/

3. Other info
Images From Google


Next, Warna Make Up yang cocok bagi undertone kita. Yes, Foundation dan Lipstick. Saat googling aku menemukan beberapa gambar yang dapat dijadikan referensi, salah satunya dari web Anastasia Beverly Hills tentang produk Color Foundation mereka, mungkin bisa kita jadikan referensi,

1. Warna Foundation sesuai Undertone

Images : http://www.anastasiabeverlyhills.com/

Atau lebih mudah menentukan Warna Foundation dengan referensi gambar dari Google ini,

Images from Google

Sebenarnya sih beli foundation seharusnya langsung di Counter ya, jadi bisa dicoba dengan dioleskan dari batas rahang wajah ke leher, warna yang membaur dengan kulit wajah biasanya adalah warna yang pasti tidak akan ketuaan atau keterangan di wajah kita. Hanya saja jika kalian lebih suka membelinya Online gambar diatas bisa dijadikan Referensi.

Untuk kulitku sendiri adalah Neutral Undertone, namun hal itu berubah menjadi Cool Undertone untuk bagian wajah saja. Kok Bisa? Karena sekarang basenya lebih ke Pink, hal tersebut diakibatkan dari treatment jerawat yang pernah aku lakukan atau proses chemical, penyebab lainnya mungkin hormon atau paparan sinar matahari. Jadi biasanya untuk Foundation sendiri aku cendrung memilih warna untuk Cool Undertone seperti Ivory, Natural Ivory, Soft Beige, atau beberapa Foundation saat ini sudah ada shades bagi pemilik kulit Pink Sepertiku. Untuk Pakaian dan warna perhiasan juga aku mengacu pada Cool undertone karena pengalaman pribadi salah pakai warna malah bikin muka kelihatan lebih kusam. Salah satu Aktirs terkenal yang memiliki Pink Undertone adalah Amanda Seyfried.

Images from Google

2. Warna Lipstick

Images : http://cindyrobsonstyling.com.au/your-colours-warm-cool/ 

Untuk warna lipstick sendiri bisa disesuaikan dengan warna yang cocok untuk undertone masing - masing, yang sudah kita bahas sebelumnya. Sama dengan halnya Eyeshadow dan Blush On, silahkan teman - teman mengacu ke warna yang cocok untuk undertone masing - masing yang sudah diinformasikan sebelum ini.

Bagi teman - teman yang masih ingin mencari tahu informasi lebih jauh silahkan mampir ke website 


Untuk yang kulit Olive undertone dan masih bingung mencari referensi warna dan lainnya silahkan intip gaya Penelope Curz, atau bisa mampir ke website : http://makeup-charts.blogspot.co.id/2013/01/olive-skin-tone-such-penelope-cruz-has.html

Finally, itu saja yang dapat aku sharing mengenai cara menentukan warna kulit atau undertone kita, agar mencegah kesalahan membeli warna Foundation, makeup, atau Pakaian yang salah. 

Sharing is Caring!

No comments:

Post a Comment