Mar 27, 2015

SKINCARE REVIEW : ERHA CLINIC / ERHA 21 PART III

SKINCARE REVIEW : ERHA CLINIC / ERHA 21 PART III


Setelah give up sama semua percobaan, dan terlebih saya paling menyesal dengan memakai cream racikan apoteker dari teman saya yang mengakibatkan kulit saya kemerahan seperti di post sebelumnya *so scary*. Pada akkhirnya saya balik lagi ke dokter dian, dengan keadaan bruntusan di pipi kiri, pipi kanan, diantara alis, dan dahi sedikit, dengan komedo di hidung, dan jerawat besar di dagu. Skintone kemerahan, kusam, lebih hitam dari leher *Sad*.




Kontrol Part 3-1


Pagi : ASCBP + AMG 1 + ASG
Malam : ASCBP + AL 1
Minum Isotretinion 1x1 selama 30 hari

kondisi kulit belum bisa dikatakan membaik karena bruntusan masih saja ada dan bruntusan bisa berubah menjadi jerawat merah dengan isi putih dan mateng terus berbekas. Bruntusan dirasa muncul yang baru dan yang baru terus tidak terlihat atau kasat mata tapi apabila disentuh wajah seperti jalanan bergerinjul..

Kontrol 3-2

Pagi : Erha 2 + AMG 2 + ASG
Malam : Erha 2 + AF 2 + AL1 + AG 2
Obat minum masih ada

Kondisi kulit masih sama belum membaik, masih banyak bruntusan sehingga dokter menyarankan untuk facial, karena itu cream amg 1 diganti menjadi amg 2 karena setelah facial pasti disarankan memakai amg 2 dimalam hari sebagai pengganti cream malam. obat minum masih ada sisa kontrol pertama, karena penasaran baca - baca dari thread, internet saya jadi bertanya soal isotretinion apakah berbahaya? habis kalau dilihat statement orang - orang katanya obat ini punya efek yang agak ngeri jadi akhirnya aku tanyain langsung ke dokter.

Pertanyaan parno :
"Dok kalau minum obat ini (isotretinion) apakah ada efek buruk ke tubuh? dalam jangka pendek atau panjang? dan apakah ada efek buruh ke rahim misal rahim kering atau jadi susah ada keturunan?" *Maaf pertanyaannya ngaco habis parno*

kata dokter : "Aman Vin, kan sebelum saya kasih resep ini ke kamu saya bertanya terlebih dahulu soal riwayat kesehatan dan apakah kamu ada rencana menikah dan program hamil. Obat itu gak akan bikin rahim kita kenapa - kenapa atau kering, hanya saja akan menyebabkan cacat janin jika kita mengkonsumsinya dalam keadaan sedang hamil. Jadi pasti aman kalau dikonsumsi sekarang hanya saja harus banyak minum air putih karena akan bikin bibir kering, rambut sedikit rontok, dan dianjurkan jangan memakai softlens karena kering ke mata". *Tapi aku lupa beberapa waktu lalu seharian pake softlens alhamdulillah gak apa - apa*

Nanya sekalian protes :
"Dok setelah facial jerawat, kok yang beruntus itu menjadi mateng dan besar kemerahan, ngeri kayak bentol, Mba yang facial pencet - pencet jerawatnya kecepetan jadi yang susah keluar ya dibiarin aja jadinya malah bengkak gak jelas, yang ada malah bekas dimana - mana berikut ini gak tuntas??? Why??" aku fikir ini sih mba yang facialnnya mungkin sedikit maksa - maksa pas facial biar keluar jadi aja begini deh *asumsi pribadi* dan I hate facial :(

Dokter jawab sambil senyum gitu "Jerawat beruntus itu emang agak sulit, jadi dia memang harus mateng dan keluar tapi tujuan facialkan memang mengeluarkan lemaknya, jadi mungkin yang belum bisa keluar malah mateng, dan ini bisa disembuhkan salah satunya memang harus dikeluarkan". Tapi doi mengerti sekali kalau aku gak suka facial disana sama mba yang itu *cry* jadi doi gak nyuruh facial lagi dalam waktu deket ini, tapi mungkin nanti *males*

Kontrol 3-3

Pagi : SWA + AMG 2 + ASG
Malam : SWA + AF 2 + CC1O untuk dahi dan hidung + AL 1 + AG 2
Minum Isotretinion 1x2 selama 20  hari selang satu hari




Bruntusan berkurang jerawat yang timbul akibat facialpun mereda dan kempes tapi masih ada jerawat yang tumbuh dari beruntusan itu. skintone masih kemerahan, kadang normal kadang kemerahan aku sendiri bingung kenapa, padahal dulu gak pernah kaya gini, sekarang malah kulit kaya ketarik efeknya. dan apabila AL 1 ditotolkan kebanyakan maka akan menyebabkan kering - kering diarea yang ditotolkan. Bekas dimana - mana *sedih pokoknya* setelah dipikir - pikir andai dulu peeling mungkin gak akan separah ini bruntusannya *nyesel lagi* difikir - fikir saya emang bandel kayaknya kurang nurut apa kata dokter.

Oh ya, sebelum cuci muka biasanya saya membersihkan wajah dengan toner dari etude korea, tapi sekarang saya sedang mencoba menggunakan Viva. Belum ada efek positif negatifnya sih tapi ini saya gunakan biar wajah lebih bersih saja.



Sampai saat ini sih belum clear sama si jerawat, harus ekstra sabar banget dan masih mempertahankan diri untuk berobat di dokter dian sekalipun banyak temen seperjuangan yang sudah pindah. semoga saja kondisi kulitnya semakin membaik.

Ini penampakan wajah saya selama perawatan 3 bulan ini :





Tips dari pribadi
1. jangan pakai cream ketebelan karena akan menyebabkan kemerahan
2. kalau aku ada efek ketarik jadi setelah cuci muka gak dikeringin banget pakai tissu tapi dibiarkan sedikit lembab saja baru apply AMG tipis - tipis dan Asg tipis - tipis
3. selama perawatan hindari di bawah matahari dengan jangka waktu yang lama nanti kemerahan kulitnya.
4. Nurut apa kata dokter dan yang terpenting telaten dan sabar.

*Mohon maaf kalau informasinya kurang interaktif, semoga banyak membantu*
apabila informasi dirasa belum cukup bisa ditanyakan pada saya dicomment..

4 comments:

  1. hy mksh bgt review nya.
    jngn lupa mampir ya http://kontraktorpartisipameran1.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ayu,
      HTH ya, semoga informasinya bermanfaat.
      Oke Ayu ^^

      Delete
  2. Sekarang masih merah gak kak? Atau udah gamerah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Imelda,

      Untuk saat ini aku sudah tidak perawatan di Erha lagi,untuk kemerahannya berangsur - angsur hilang. Tapi memang skintone jadi berubah juga agak ke Pink tone wajahnya

      Delete